Presiden Jokowi Tak Singgung Soal Kenaikan Gaji PNS di 2025



Jakarta - Presiden Jokowi tidak menyinggung kenaikan gaji PNS pada 2025. Dalam pembacaan nota keuangan RAPBN 2025, Jokowi memaparkan target pertumbuhan ekonomi hingga pergerakan Rupiah.

Namun, sayangnya dalam pidato nota keuangan RAPBN 2025, Jokowi tidak membahas kenaikan gaji PNS.

"Penyusunan RAPBN 2025 didasarkan pada asumsi inflasi akan dijaga pada kisaran 2,5%. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan sebesar 5,2%," kata Jokowi di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas tidak memberikan penjelasan menyeluruh soal kenaikan gaji PNS pada 2025,

Dia menyebut, kepastian kenaikan gaji ASN, termasuk PNS, TNI dan Polri masih menunggu pidato Presiden dalam terkait Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2025 beserta Nota Keuangannya hari ini.

“Kita tunggu nanti,” ujar Anas saat ditemui wartawan di kawasan gedung DPR/MPR.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya menjelaskan bila penyesuaian gaji ASN, termasuk PNS dicatatkan di APBN Tahun Anggaran 2025. Bahkan, bisa dalam berbagai bentuk.

“Penyesuaian itu bisa banyak bentuknya. Bisa menaikkan gaji pokok, menyesuaikan perbaikan tunjangan kinerja, atau memberikan insentif lain,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata.

Isa mencatat, rencana kenaikan gaji PNS masih dalam proses pembahasan.


Posting Komentar

0 Komentar