Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Cianjur: Antara Tantangan dan Harapan

 


Pemilihan Umum (PEMILU) tahun 2024 belum lama ini telah selesai dilaksanakan. Ucapan selamat kepada calon-calon yang terpilih semoga kedepan amanah dan tanggung jawab yang dibebankan oleh masyarakat bisa dijalankan sebaik-baiknya.


Bersamaan dengan selesainya PEMILU, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Cianjur pada tahun 2024 menjadi momen penting bagi masyarakat setempat. Dalam proses demokrasi ini, warga Cianjur akan memilih pemimpin baru yang akan mengemban tanggung jawab untuk memajukan kabupaten ini ke depan.


Menurut jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pilkada serentak dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 Nopember 2024.


Sejumlah bakal calon Bupati Kabupaten Cianjur telah bermunculan baik itu dari kalangan sipil maupun birokrat yang tengah sibuk mendeklarasikan diri, mencari dukungan "kesana-kemari". Proses yang demikian tentu sah dan diperbolehkan, namun ada hal yang lebih penting untuk dipikirkan bersama bagaimana nasib Kabupaten Cianjur untuk 5 tahun yang akan datang. Tentu duduk bersama saling bertukar pikiran adalah solusi paling efektif dalam meretas persoalan yang ada di Kabupaten Cianjur ini. 


Mengingat Kabupaten Cianjur, yang terletak di Pulau Jawa, memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia. Dengan populasi yang besar dan potensi sumber daya alam yang kaya. Pilkada serentak di tahun 2024 akan menjadi momen penting dalam menentukan pemimpin yang visioner untuk arah pembangunan Kabupaten Cianjur yang lebih baik.



Menurut Marno (2007) Pemimpin Visioner penting dalam menentukan hidup dan matinya organisasi. Pemimpin yang visioner akan mampu menentukan arah pembangunan Kabupaten Cianjur yang lebih baik. Pembacaan situasi dan kondisi menjadi landasan dalam mementukan kebijakan.


Harapan masyarakat Cianjur kebijakan yang ditentukan mesti berorientasi kepada empat aspek kebijakan. Pertama berdasarkan pelaksanaannya, kedua berdasarkan ruang lingkup dan cakupannya, ketiga berdasarkan keberlanjutannya dan keempat berdasarkan sasarannya. 


Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Cianjur juga akan dihadapkan pada berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama Partisipasi aktif dari masyarakat Kabupaten Cianjur dalam Pilkada dengan menggunakan hak suara mereka, memastikan kelancaran proses Pilkada, termasuk pengadaan logistik dan keamanan selama proses pemungutan suara menjadi kontribusi positif dalam memilih pemimpin visioner yang dianggap paling mampu memajukan kabupaten Cianjur. 


Selain itu, harapan masyarakat Kabupaten Cianjur adalah terpilihnya pemimpin yang kompeten dan berintegritas, mampu mengatasi masalah IPM yang tersektor pada pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan kesetaraan. Mengingat trend IPM di Kabupaten Cianjur yang cenderung naik pada data namun berbanding terbalik dengan realita dilapangan. Misal Kebijakan urusan Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda di Kabupaten Cianjur sebagai upaya menyiapkan diri untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.


Oleh : Jaenal Jaelani

Kordinator Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Cianjur

Posting Komentar

0 Komentar